Kamis, 28 Oktober 2010

Tips Mengerjakan PI atau Tugas Ahir Tepat Waktu

PI atau tugas akhir adalah hambatan terbesar bagi kebanyakan mahasiswa yang menyebabkan tertundanya wisuda mereka. Alasannya pun beragam mulai dari kurang waktu, bosen, kurang ide sampai frustasi karena dosen pembimbingnya sangat sulit untuk ditemui. itu merupakan hal yang sering dikeluhkan para mahasiswa. Bagi yang ingin mengerjakan PI (penelitian ilmiah) atau tugas akhir tepat waktu, gw punya sedikit sarn yang mungkin bisa membantu kita dalam mengerjakan PI atu tugas akhir tepat waktu:
  • Memilih topik lebih awal. ide bisa datang kapan saja, jadi jgan menunggu dead line baru memikirkan topik PI kita. selagi ada ide mulailah mengeksplore ide-ide yang terlintas di otak kita. sehingga saat semester pengerjaan tugas akhir tiba kita tidak stress karena memikirkan topik untuk tugas akhir kita.
  • Jangan DIAM. Kalau tidak bisa melaju kencang, berlarilah. Kalau tidak bisa berlari, berjalan cepat, atau merangkak kalau perlu. Yang pasti, jangan cuma berkutat di Bab yang melulu itu. Kalau Anda mahasiswa teknik, pasti sudah tidak asing dengan reverse engineering. Bukan, bukan re itu, tapi mengerjakan Bab 4 duluan baru Bab 2 dan 3. Artinya, programnya sudah jadi duluan, baru ada desainnya. Seperti membangun rumah sebelum merancang pondasi.
  • Cari tau tentang dosen pembimbing. klo dapet dosen pembimbing yang perhatian sih enak, xlo dapet yang separuh hati siap-siap untuk banyak kecewa. maka dari itu kita harus cari tau tentang dosen pembimbing kita. mulai dari nomer handphone sampai alamat rumahnya. karena dia adalah orang yang akan membantu anda dalam penyelesaian tugas akhir anda. sekali-kali traktirlah biar hatinya luluh buat bantuin kita.
  • Tetap semangat!!. semangat adalah salah satu hal terpenting dalam tugas akhir. xlo semangat udah ilang pasti tugas akhir akan terbengkalai. jadi jagalah semangat anda. Fighting........!!!
  • Bergaul dengan teman-teman yang tepat. ini jadi hal pendukung yang penting, karena jika dosen pembimbing anda sedang sibuk, teman adalah guru terdekat anda.
  • Dan hal yang paling penting dari itu semua adalah jagalah kesehatan. ini adalah hal yang sangat penting. xlo anda sakit gimana mo ngerjain tugasnya?. mulailah pola hidup sehat. makan makanan yang bergizi, dan xlo bisa tepat waktu, jangan tidur terlalu larut. dan sesekali berolah raga, agar tubuh menjadi bugar.
  • yang terahir Berliburlah. ini juga adalah hal sepele yang sangat membantu. saat kita sudah stuck atau strees, hiburan menjadi obat yang paling ampuh.

Itu beberapa saran yang mungkin bisa membantu kita dalam mengerjakan PI atau tugas akhir tepat waktu. semoga bermanfaat...Fighting...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar