Minggu, 09 Mei 2010

Dari Menggambar Jadi Dolar



Wahyu  Aditya, pasti kita asing mendengar nama itu. Tp siapa sangka jika dia pemimpin HelloMotion Academy. Pria kelahiran malang 4 Maret  1980 ini terinspirasi dari acara “Gemar Menggambar “ yang ditayangkan di TVRI era 70-an. Dan dia pernah dinobatkan sebagai International Young Screen Entrepreneur of the year 2007. Pada event yang diselenggarakan oleh  British Council di Apollo Theatre West and London.  Kemampuannya dibidang desain grafis dan animasi membuatnya banyak diburu oleh perusahaan kreatif untuk menggarap sederet pesanan iklan.

Kegemarannya menggambar Adit, sapaan akrabnya, sudah terlihat sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Dan ia pernah menjadi juara lomba menggambar  di SD nya. Tidak seperti anak lainnya yang membeli mainan, ia lebih sering minta dibelikan kertas HVS untuk menggambar ia juga rajin menyulap buku tulisnya menjadi “Majalah”  dengan menciptakan ilustrasi sederhana dari berbagai tokoh.  Hobi menggambarnya terus berlanjut sampai SMA , bahkan dinding sekolah pun menjadi temapatnya untuk menyalurkan hobi menggambarnya.  Untuk mengolah hobi menggambarnya  ahirnya adit menuntut ilmu di Advanced Diploma of Interactive Multimedia –KvB Institute of tech, Sydney, Australia. Pada saat kuliah ia pernah menjadi juara pertama . liburan kuliahnya ia manfaatkan untuk magang di Indonesia. Ia magang disebuah percetakan di malang. Pemilik percetakan mengarahkannya untuk  mangang di  Broadcast  Desain Indonesia dikawasa jakarta karena kemapuannya.

 Sebagai best student di KvB Institute of Tech, ia dngan mudah mendapat pekerjaan di Australia, namun karena ia lebih betah di Indonesia . Alhasil selepas kuliah ia memulai kariernya sebagai creative designer & animator  ditrans TV pada 2000-2002. Setelah dari trans TV ia melakukan pekerjaan appun. Dari Animator, sutradara ataupun produser. Proyek pertama yang ia garap adalah vidio klip padi berjudul “ Bayangkanlah”,  yang menjadi “ Best Vidio Klip of the Month” vidio musik indonesia (2002) dan “People choice Award”, sejak itu tawaran demi tawaran mengalir kepadanya.

Yakin dengan kemampuanya, ia bersama tujuh temannya ia membuat perusahaan dibidang jasa. Sayang usaha ini gagal. “ kumpulan orang pintar yang tidak punya naluri bisnis”, kata adit meyimpulkan kegagalan itu. Lalu dengan modal nekad ia meminjam uang di Bank sebesar Rp400 juta untuk membangun lembaga kursus animasi yang belokasi di jl. Tebet Raya 45 C, Jakarta. pada awal pembukaan ia hanya mempunyai 41 orang yang berminat menjadi murid. ini langkah awal untuk mendirikan Hello Motion Inc, School Animation & Sinema. Setelah 5 tahun jalan yang dirintis  lembaga pendidikan ini masih sepi. Pada awal tahun pembukaan pendapatan sekolah ini minus 11%, namun  setelah 5 tahun pendapatannya hanya 18% dan telah meluluskan 800 orang siswa. Hello Motion memiliki misi mengalakan  budaya motion picture art yang mualin diperhitungkandi industri animasi tanah air.


Untuk mengembangkan bisnisnya adit lebih banyak mengunakan pola Buzz Marketing. Awalnya memang sempat jojoran,  baik dari media cetak, radio maupun  situs internet. Namun karena ia rasa sudah cukup bagus citranyaia melakukan promosi melalui blognya yg bersitus www.mentridesignindonesia.blogspot.com yang ternyata cukup efektif. Ia tidak perlu terlalu  khawatir dengan persaingan di industri animasi. Karena daftar tunggu untuk peserta  kursus sekarang  bisa sebulan di Hello School.

Hmmm......bagaimana?

tetarik untuk memulai berwira usaha?

sumber : " wirausaha muda mandiri, ketika anak sekolah berbinis"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar